Enam Jenis Burung Kini Musnah di Desa Mandalamekar

Desa Mandalamekar yang berada di wilayah Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan, ternyata mempunyai banyak hutan lindung yang sekaligus berfungsi sebagai hutan mata air dan habitat beberapa satwa di hutan tersebut, seperti monyet, lutung, burung, tumbuhan dan satwa lainnya. 
    
Namun keberadaan hutan lindung tersebut tidak semuanya dalam kondisi yang masih bagus. Ada beberapa hutan dalam kondisi kritis karena tidak barengi dengan pemeliharaan dan pengawasan yang ketat, aku Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar dalam suatu diskusi kecil dengan kelompok peduli lingkungan hidup Mitra Alam Munggaran pimpinan Tata bersama warga desa setempat.   
    
Dalam diskusi kecil itu terungkap bahwa ada 6 jenis burung yang musnah sudah menghilang di hutan-hutan mata air di Desa Mandalamekar akibat pemburuan liar yang dilakukan orang-orang dari luar desanya. 
Ada enam jenis burung yang kini langka di kawasan hutan-hutan di desa kami, yaitu Gagak, Jalak, Galatik, Ciung (Beo), Bincarung, dan Ekek, ujar Endang Andut, warga desa pecinta burung kicau. 
    
Endang Andut menjelaskan bahwa jumlah jenis burung yang selama ini diketahuinya adalah sebanyak 58 jenis dan 6 jenis telah musnah. Sedangkan beberapa jenis lain seperti ayam hutan, beberapa jenis burung cacing dan Coladi dari pengamatan terakhirnya tinggal beberapa pasang. 
    
Ketua Mitra Alam Munggaran (MAM) desa Mandalamekar, Mang Tata membenarkan bahwa kondisi burung-burung di hutan mata air di Mandalamekar saat ini mengalami kelangkaan. Hal itu disebabkan perburuan oleh orang-orang dari luar desa Mandalamekar masih terus terjadi meski  pemeritah desa telah melarang berbagai aktivitas yang mengganggu pada habitat burung tersebut. 
Selain itu, perburuan burung masih juga dilakukan oleh warga Mandalamekar untuk keperluan bisnis, jelasnya. 
Kepala Desa Yana Noviadi  menambahkan bahwa aneka satwa termasuk burung-burung tersebut sebenarnya dilindungi dengan  peraturan desa (Perdes) desa Mandalamekar. 
Karena kawasan hutan lindung ini menjadi  skala  prioritas bagi Desa  Mandalamekar  dalam  kegiatan  penataan fungsi wahana  lingkungan  hidup dan kelestarian alam dan Perdes Mandalamekar ini mendapat dukungan masyarakat, paparnya.(*)  
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan