Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Di Kedusunan Mekarjaya

Pelaksanaan Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)
Ibu-ibu Peserta Kegiatan Sanitasi Total BerbasisMasyarakat

      Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan satu gerakan yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk melakukan pendekatan partisipatif dalam mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka mengenai Buang Air Besar di sembarang tempat.

      Pada hari Kamis (24/01) di desa mandalamekar telah dilaksanakan pertemuan warga yang tepatnya berada di wilayah kedusunan mekarjaya, yang diselenggarakan oleh Iwan Erawan, S.Kep,Ners selaku ketua UPT Puskesmas Jatiwaras dalam rangka memberikan informasi tentang pentingnya pemicuan STBM kepada masyarakat.

Sambutan Kepala Desa Mandalamekar (Yana Noviadi)

 

 

      Kegiatan ini di hadiri oleh warga masyarakat di kedusunan mekarjaya, yang dengan ketersediaanya meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk bisa menghadiri perkumpulan . Selain dari warga setempat Yana Noviadi selaku Kepala Desa Mandalamekar juga turut di undang dan menyempatkan hadir pada acara tersebut.

 

 

Penyuluhan Tentang Pemicuan STBM Oleh Ketua UPT Puskesmas Jatiwaras

 

      Pelaksanaan STBM yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari puskesmas jatiwaras ini bertujuan untuk menuju perilaku hidup bersih dan sehat, dengan tidak Buang Air Besar Sembarangan. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang menggunakan air sungai untuk berbagai aktifitasnya, seperti mencuci pakaian, mencuci piring, mandi, BAB dan lain sebagainya. Padahal diketahui bahwa itu sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Maka dari itu dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat akan memiliki kesadaran untuk  menggunakan  sarana air bersih dan berperilaku hidup sehat.

 

Bapak-bapak Peserta Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan