Penggunaan Dana Program Keluarga Harapan Untuk Keluarga Penerima Manfaat

       Program Keluarga Harapan adalah salah satu program pemerintah yang diperuntukan bagi keluarga yang termasuk kedalam kategori miskin (Tidak Mampu). Adapun yang menjadi salah satu syarat bagi keluarga yang berhak menerima bantuan tersebut diantaranya keluarga yang memiliki balita usia 0-6 tahun, memiliki anak sekolah (SD, SMP,SMA)  dan seorang Lansia/Jompo.

      Program ini merupakan program bantuan tunai yang langsung di transfer melalui rekening masing-masing penerima PKH, yang diberikan secara berkala dalam setiap tahunnya.

Perbincangan Dengan Pendamping PKH Mandalamekar (Luthfi Saeful Mikdar, S. Hum)

       Dalam pemaparannya Luthfi Saeful Mikdar, S. Hum selaku pendamping PKH Mandalamekar pada Kamis (10/01) ,beliau menjelaskan bahwa program ini sudah berjalan di kecamatan jatiwaras sejak tahun 2012, dimana keluarga yang menerima PKH di desa Mandalamekar sendiri berjumlah sekitar 197 KPM.

       Pendamping juga menerangkan bahwa sudah memiliki jadwal rutin atau pertemuan dengan seluruh anggota KPM didesa Mandalamekar, guna untuk meningkatkan tali silaturahmi juga untuk membahas dan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan PKH.

Kumpulan Rutin Anggota PKH (Program Keluarga Harapan)

     Salah satu hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan KPM adalah tentang penggunaan Dana yang diberikan pemerintah melalui program tersebut. Dan setiap pendamping menghimbau kepada seluruh keluarga penerima PKH untuk bisa memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan porsinya.

       Misalnya bagi KPM yang memiliki anak balita usia 0-6 tahun diharuskan untuk memperhatikan kesehatan dan gizi si anak dengan sering mengikuti Posyandu. Begitupun bagi KPM yang memiliki anak sekolah, diharuskan pula mempergunakan uang tersebut untuk keperluan sekolahnya seperti membeli peralatan sekolah, seragam sekolah, sepatu, dan lain-lain.

      Dengan kata lain pemerintah mengadakan program keluarga harapan ini dengan tujuan untuk membantu meringankan dan mensejahterakan masyarakat, baik dalam segi Kesehatan maupun segi Pendidikan anak.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan