Pergerakan Kelompok Tani Di Dusun Mekarsari

Bibit Pohon Cengkih Untuk Kelompok Tani Mekarsari

      Mandalamekar (19/11), Pertanian adalah suatu kegiatan pengelolaan lingkungan oleh manusia yang bergerak dengan memanfaatkan sumber daya alam agar mampu menghasilkan bahan pangan atau sumber energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia itu sendiri.

      Seperti halnya wilayah desa Mandalamekar yang terbagi menjadi empat wilayah kedusunan, diantaranya Dusun Cinunjang, Dusun Mekarjaya, Dusun Cinangsi dan Dusun Mekarsari. Setiap wilayah kedusunan dalam kehidupan sehari-harinya masih sangat lekat dengan istilah pertanian, seperti kegiatan yang kerap masih diterapkan di masyarakat saat ini yaitu menggarap lahan persawahan dan lahan darat.

Pembagian Bibit Pohon Cengkih Oleh Ketua Kelompok Tani (Abdulah)

      Meskipun begitu tidak semua dusun memiliki kelompok tani yang sudah berbadan hukum seperti yang sudah terbentuk di Dusun Mekarsari sejak tahun 2017 yang di ketua oleh Bapak Abdulah. Kelompok tani tersebut memang belum lama terbentuk , akan tetapi baru-baru ini kelompok tani Mekarsari sudah mengajukan permintaan bibit pohon ke Dinas Perkebunan dan pengajuannya sudah di terima oleh Dinas terkait.

 

 

      Pada kamis (08/11) Dinas Perkebunan mengirimkan bantuan kepada kelompok tani Mekarsari berupa bibit pohon cengkih sebanyak 975 batang. Yang pada Jum’at (09/11) Abdulah selaku ketua dari kelompok tani mulai membagikan bibit pohon tersebut kepada seluruh anggota kelompok untuk segera di tanam.

Pembagian Pupuk NPK Mutiara Di Kelompok Tani Dusun Mekarsari

    Setelah bibit pohon di tanam dan pada usia 7 hari Dinas Perkebunan mengirimkan pupuk jenis NPK Mutiara sebanyak 1,8 ton kepada kelompok tani untuk memupuk pohon agar pertumbuhannya menjadi bagus. Dan dengan adanya kelompok tani di dusun Mekarsari dapat meningkatkan kinerja kelompok menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan