Pencairan Masal KPM PKH Bekerjasama Dengan BUMDES Mandalamekar

       PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan program pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan dengan memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga miskin berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan. KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang berhak menerima bantuan tersebut diantaranya harus memiliki anak berusia 0-6 tahun, memiliki anak yang masih belum menyelesaikan pendidikan (SD,SMP,SMK) dan Lanjut Usia mulai dari 70 tahun.

Pertemuan KPM PKH Untuk Pencairan Masal

      Di Desa Mandalamekar terdapat kurang lebih 194  Keluarga yang masuk ke dalam kategori sebagai penerima manfaat PKH tersebut. Setiap keluarga berhak mendapat kartu dan rekening PKH yang berfungsi sebagai sarana untuk menerima bantuan tunai yang langsung di transfer ke rekening masing-masing.

      Adapun yang menjadi kewajiban masyarakat penerima manfaat terhadap bantuan tunai yang diterimanya adalah harus selalu mengikuti kegiatan kesehatan Posyandu, memanfaatkan uang tersebut untuk membeli keperluan sekolah seperti tas sekolah, baju seragam, buku tulis, sepatu dan lain sebagainya.

Proses Transaksi Bantuan Tunai PKH di Dusun Mekarsari

       Setelah beberapa tahun ke belakang sejumlah KPM sering melakukan pengambilan uang PKH di tempat yang dirasa cukup jauh dari tempat tinggalnya, yang hanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menitan.

      Akan tetapi pada pencairan kali ini Bapak Lutfi selaku pendamping PKH Mandalamekar berinisiatif untuk membangun kerjasama dengan BUMDES Mandalamekar tentang pencairan masal PKH yang akan diberlakukan di setiap desa. Untuk meringankan dan mempermudah masyarakat dalam bertransaksi tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

      Dan pada hari ini Selasa (13/11) di Desa Mandalamekar pencairan masal mulai dilakukan dengan sistem berkeliling ke setiap dusun,atau lebih dikenal dengan peribahasa Jemput Bola. Meskipun KPM yang hadir belum sepenuhnya, namun bagi sebagian KPM yang ada di kedusunan Mekarsari mengatakan bahwa sistem pencairan masal ini tentunya sangat membantu. Karena mereka tidak harus pergi jauh dan mengambil sebagian uang bantuan untuk biaya transfortasi.

Silahkan Komentar

Tinggalkan Balasan