Perkembangan Ayam KUB Di Desa Mandalamekar

Pengontrolan Ayam KUB Di Desa Mandalamekar
Pengontrolan Ayam KUB Di Desa Mandalamekar   

       Ayam KUB (Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian) merupakan ayam kampung hasil seleksi genetik yang memiliki keunggulan atau kemampuan untuk bertelur hingga mencapai 160-180 butir/ekor/tahun. Ayam KUB adalah program pemerintah yang diberikan untuk anggota Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Tasikmalaya.

      Desa Mandalamekar merupakan salah satu desa di kecamatan jatiwaras yang pertama kali menerima bantuan Ayam KUB tersebut. Penerima  bantuan dari  Pemerintah di desa mandalamekar berjumlah 229 Anggota Rumah Tangga Miskin dan Setiap RTM menerima rata-rata 50 ekor ayam, yang di tambah dengan fasilitas lain seperti kandang ayam, tempat makan dan minum ayam.

Ayam KUB Milik Warga Desa Mandalamekar

      Program pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang. Dengan memberikan bantuan berupa ayam KUB yang selama 6 bulan kedepan pemerintah akan menanggung setiap kebutuhan ayam, seperti Pakan, Vaksin dan Vitamin.

      Pada pengontrolan hari jum’at (02/11) ayam KUB memasuki bulan ke-4 dengan pertumbuhan yang terlihat baik dengan bobot rata-rata sekitar  0,9 – 1kg.  Setelah mencapai 6 bulan pemerintah memperkirakan ayam tersebut sudah mampu memproduksi telur. Harapan pemerintah dari program ini ,masyarakat akan mampu memanfaatkan dan mengelola dengan baik ayam KUB agar dapat menghasilkan rupiah.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan