Perkenalkan Mainan Tradisional Ketapel Pada Generasi Jaman Now

      Mandalamekar (04/11), Melihat perkembangan teknologi di indonesia yang begitu pesat. Dan mampu mempengaruhi masayarakat indonesia untuk menerapkan budaya baru yang dirasa begitu membantu dan mempermudah penggunanya dalam segala hal.

      Namun sedikit demi sedikit teknologi tersebut telah menggeser posisi budaya tradisional di masyarakat yang merupakan warisan dari leluhur atau nenek moyang kita.Dan dengan berputarnya perkembangan jaman, saat ini kita memiliki dua budaya. Yaitu budaya tradisional dan budaya modern, yang keduanya jelas memiliki berbedaan dari sisi negatif juga sisi positifnya.

Adapun salahsatu sisi positif yang menjadi perbandingan dari kedua budaya tersebut adalah dari segi Komunikasi. Jika pada jaman dahulu orang-orang merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan saudara yang jauh dan hanya bisa mengirim surat yang ditulis dari sehelai daun saja, maka sekarang semuanya jauh lebih mudah dengan adanya teknologi yang sudah tersedia seperti telepon genggam atau telepon rumah.

Pistol Pelontar Tradisional

      Seperti yang sudah dikatakan di atas , dari kedua budaya tersebut ada satu dampak negatif yang sangat menonjol. Yaitu dari cara dan pola hidup anak dimasa lampau dan masa sekarang sangat jauh berbeda.

Perbandingannya adalah anak yang hidup pada masa dimana belum mengenal yang namanya teknologi, lebih banyak berexpresi dan beradaptasi dengan lingkungan yang luas. Berbeda dengan anak yang hidup dimasa sekarang, yang mana anak berusia dibawah 6 tahun saja sudah terkontaminasi oleh teknologi yang akan mengganggu dan mengubah pola pikir anak menjadi kurang efisien di masa yang akan datang.

Pengenalan Teknologi Tradisional Pada Anak 

      Contohnya saja permainan anak di masalalu sangat kreatif dengan lebih banyak memanfaatkan bahan dari alam, seperti yang akan saya bahas. Salah satu permainan yang sudah ada sejak dulu yang juga bisa befungsi untuk alat pelontar tradisional. Yang sering dikenal dengan nama “Ketapel” dan terbuat dari bambu berbentuk huruf Y dengan diberi karet yang di ikatkan kedua sisinya.

      Permainan ketapel ini merupakan salah satu teknologi tradisional yang harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda. Untuk mengangkat kembali kebudayaan tradisional di tengah-tengah kemoderenan.

Beruntunglah bagi mereka yang terlahir di masa yang belum tercampur budaya manapun. Mereka memiliki begitu banyak permainan yang mengajarkan banyak hal seperti kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama dengan teman sebayanya.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan