MEMBUDAYAKAN PENINGGALAN NENEK MOYANG DI ERA MODERNISASI

Kreatifitas Dalam Memainkan Kendang

      Kebudayaan merupakan suatu bentuk hasil karya dan kebiasaan yang tercipta dari pola pikir manusia untuk mengubah dunianya. Sedangkan Tradisional adalah satu bentuk tindakan dan perbuatan yang terjadi secara alamiah untuk pertama kalinya atas tuntutan kebutuhan manusia pada masanya.

     Seperti yang telah diketahui, dijaman yang sudah modern ini dengan banyaknya hasil karya manusia yang bermunculan. seperti teknologi masakini, ada beberapa alat komunikasi yang sudah menyebar luas dikalangan masyarakat saat ini. Yang membuat  masyarakat yang menggunakannya merasa terbantu dengan adanya teknologi tersebut. Selain mempermudah komunikasi juga menghemat biaya transfortasi.

      Hampir seluruh masyarakat yang hidup di jaman modern ini begitu terlena dengan adanya  teknologi yang sudah sangat canggih. Namun bukan berarti kita harus melupakan apa yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang kita. Karena pada dasarnya kesejahteraan dikehidupan manusia saat ini,tidak terlepas dari adanya perjuangan nenek moyang kita pada masa dimana manusia begitu kesulitan untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkannya. Baik itu dari segi Komunikasi, Tranfortasi, Pendidikan, dan lain sebagainya.

Kendang Sunda yang Masih Mendunia

      Kewajiban yang harus kita lakukan terhadap jerih payah manusia tempo dulu untuk menciptakan satu kebudayaan yang terus menerus diwariskan sampai saat ini, adalah menjunjung tinggi nilai kebudayaan itu sendiri Lalu mengembangkan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

      Seperti yang telah dilakukan oleh Bapak Alan Koswara pada penampilannya disatu kegiatan diwilayah Desa Mandalamekar sabtu (03/11), laki laki yang memiliki kreatifitas seni yang tinggi ini mampu menyelaraskan alat musik tradisional dengan alat musik modern menjadi perpaduan yang baik. Keahliannya di bidang musik sudah sangat lama ia geluti.

      Dan alat musik yang di gunakannya adalah Kendang Sunda, yang terdiri dari 3 buah kendang dengan ukuran yang berbeda. Mulai dari yang kecil hingga besar, yakni 2 kendang kecil yang biasa disebut kulanter dan 1 kendang utama (besar).

Perpaduan Alat Musik Tradisional dan Alat Musik Modern Saat Mengiringi Biduan Dangdut

      Kendang ini biasanya digunakan untuk mengiringingi berbagai kesenian sunda seperti tari jaipong dan upacara adat. Namun lain halnya dengan kreatifitas para pecinta seni, mereka terus berkarya untuk mengembangkan warisan leluhurnya dengan mengikuti kemajuan jaman tanpa menghilangkan kebudayaan itu sendiri.

      Saat ini di era modernisasi kendang bukan lagi alat yang hanya bisa digunakan untuk mengiringi jenis musik atau kesenian sunda saja. Tapi juga bisa mengiringi berbagai jenis musik modern, seperti Musik Dangdut, Koplo, dan  lain sebagainya.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan