Sang Penyihir Bambu Cipatkan Karya Unik..

Satu Set Kursi Bambu

Mandalamekar selasa (30/10), Kerajinan tangan merupakan sebuah wujud kreatifitas seni yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
Mungkin sudah tidak asing lagi jika kita mendengar sebuah kata bambu. Bambu yang ternyata banyak tumbuh di hutan dan di ambil jika dibutuhkan untuk membuat rumah atau sekedar untuk membuat jemuran saja.

Tapi lain halnya yang dilakukan oleh bapak Alan laki-laki berusia 57 tahun ini, yang bertempat tinggal di Dusun Cinunjang rt 03 rw 01. Beliau mampu mengolah bambu menjadi sebuah Karya seni yang tampak unik. Beberapa contoh karya seni yang dibuatnya dari si bambu itu sendiri adalah Kursi, Meja, Rak Sepatu, Rak buku dan lain sebagainya.

Bapak Alan si Pengrajin Bambu

Beliau sangat pandai memanfaatkan peluang besar ini dengan karyanya yang bisa menarik minat orang banyak untuk membelinya. Sudah lumayan banyak pula pembeli yang membeli hasil olahan tangan beliau yang kebanyakannya berupa Kursi. Termasuk yang baru baru ini ternyata pak Nurfauzi dari BP2DK juga tertarik dan memesan beberapa produksi beliau.Bagaimana tidak bambu yang hanya 1 batang, yang dari segi bentuknya saja tidak menarik bisa ia sulap dengan sedemikian rupa menjadi bentuk seni yang rapi.

 

Beragam bentuk benda yang dibuat, beragam pula harga yang di bandrolnya. Harga jualnyapun cukup ekonomis untuk kalangan masyarakat perdesaan, mulai dari harga 300.000 sampai 1.500.000 per satu set nya. Yang menentukan harga adalah kualitas dari bambu itu sendiri.

Bapak Alan dan Kreatifitasnya 

Ketika sedang asik mengolah bambu yang sedang di ukirnya, beliau menuturkan bahwa “dalam menekuni bidang ini tidak mudah. Perlu memiliki keahlian khusus dan Tentunya ada tata cara dan tehnik yang harus dipelajari. Saya sudah hampir 15 tahun menggeluti bidang ini, dan di mulai sejak tahun 1994 hingga sekarang.”

Bidang seni kerajinan tangan yang sudah lama berjalan ini patut di acungi jempol. Karena disaat orang lain berlomba mencari pekerjaan dibawah telunjuk orang, bapak Alan ini lebih mandiri sehingga mampu menghasilkan rupiah dari kerajinan tangan yang di ukirnya dari bambu. Tidak hanya dari bambu saja, bahkan banyak bahan lain yang bisa kita olah menjadi benda unik yang bernilai jual. Seperti kerajinan dari Batok kelapa, Yang bisa di sulap menjadi satu atau beberapa bentuk kerajinan tangan yang bisa difungsikan di kehidupan sehari hari.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan