Membangun Potensi “Tersembunyi” di Desa

curug Sawer
Curug Sawer

(belajar jurnalis pandu desa)….

Mandalamekar:   Desa Mandalamekar memiliki potensi wisata yang bisa “akan” bernilai ekonomis, ada berbagai objeck atau potensi wisata di desa ini salah satunya yang sudah cukup dikenal keluar desa atau bahkan cukup di kenal sampai keluar Kota yaitu Curug Sawer.  Sebenarnya potensi di desa kami tidak hanya Curug Sawer saja masih ada banyak potensi yang bisa di kembangkan dan jika dikelola dengan baik bisa “akan” bernilai ekonomis.

 

 

 

Curug Cinunjang

     Desa ini sesungguhnya memiliki banyak potensi yang bisa di kembangkan yang tentu salah satunya Curug Sawer yang sudah terlebuh dahulu dikenal orang. Namun di desa kami terdapat beberapa potensi wisata lainnya yag belum terlalu di kenal para wisatawan, terdapat beberapa Gua peninggalan “Patilasan” , lokasi hutan Lindung, Curug Cinunjang  dll. Dengan mengembangkan potensi itu sesungguhnya akan meningkatkan nilai ekonomis desa dan tentu akan bermanfaat bagi penduduk desa serta akan meningkatkan pendapatan ekonomi penduduknya. Dengan banyaknya para wisatawan yang berdatangan ke desa penduduk desa bisa merubah perekonomiannya dengan menjual produk-produk asli desa,pengadaan penginapan dll, dengan atau tanpa mereka perlu memasarkan keluar desa karena orang-orang dari luar lah yang akan berdatangan ke desa sebagai wisatawan.

 

  Gua Tasbeh

 

 

Ketika desanya maju maka penduduknya pun Insyaallah akan maju,bahagia & sejahtera tinggal di desanya sendiri :), sehingga tidak akan ada lagi penduduk desa yang ke kota untuk mencari pekerjaan yang memang selama ini sudah menjadi suatu kebiasaan ketika kebanyakan orang beropini bahwa uang itu hanya bisa di dapatkan di kota. Maka dari itu dengan mengembangkan potensi yang ada ini akan merubah mindset/kebiasaan kalau uang itu hanya bisa di dapatkan di kota. Tentunya agar semua impian itu bisa terjadi harus disertai oleh pengelolaan yang baik dan dengan biaya yang tidak sedikit 😀.

 

Facebook Comments
About Raga Sukma 33 Articles
Sekretaris Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan