Sekolah Pandu Informatika

Kepala Staf Kepresidenan (Drs.Teten Masduki)
Kepala Staf Kepresidenan (Drs.Teten Masduki)

Mandalamekar,(27/08).Peresmian Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelola Sistem Informasi Desa, Sekolah Pandu Informatika yang di laksanakan di Desa Mandalamekar resmi di buka oleh Drs.Teten Masduki yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan dan dihadiri oleh direktur BP2DK,DPMDAKB,semua Kepala Desa Yang ada di Kawasan Panca Mandala dan Para Peserta dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Tasikmalaya. Sekolah Pandu ini yang nantinya akan melibatkan dari semua desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya bahkan ada sebagian dari luar Kabupaten Tasikmalaya. Program ini atas kerjasama dari KOMINFO,BAKTI,BP2Dk dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Di Tasikmalaya ada sekitar 35 kecamatan atau 351 desa.BP2DK Bekerjasama dengan DPMDAKB Tasikmalaya untuk mengikutsertakan Perangkat dan non perangkat desa untuk mengikuti sekolah pandu informatika tersebut.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran tentang tatakelola keuangan desa, transparansi anggaran,pemetaan desa,Jurnalis warga dan data kependudukan dengan menggunakan aplikasi SIDEKA,PRODESKEL,SISKEUDES yang nantinya akan digunakan untuk membangun desa masing-masing dengan harapan Desa-desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya bisa menjadi Desa yang maju untuk membangun infrastruktur desa nya, dari segi keuangan desa,kependudukan dan akses menuju desa tersebut serta bisa mempublikasikan potensi-potensi desa yang belum banyak di ketahui publik.

Untuk Pendaftaran atau yang menjadi peserta sekolah pandu desa dari setiap desa wajib mengirimkan 2 (dua) orang peserta laki-laki dan perempuan dengan peserta dari perangkat desa dan warga/anggota bumdes dengan batasan umur untuk warga (non perangkat) 25 tahun sedangkan dari perangkat desa dengan batasan umur 35 tahun.

Peserta Sekolah Pandu Informatika

Untuk Teknis kedatangan peserta sekolah pandu tersebut di bagi dalam beberapa pemberangkatan dengan sistem bergulir selama seminggu di bagi dalam beberapa kecamatan. Pembelajaran sekolah pandu untuk desa atau kecamatan yang sudah siap atau menjadi bagian dari peserta, belajar di desa mandalamekar selama satu minggu pada tahap pertama, selanjutnya di gantikan oleh desa yang lain,bergantian selama 4(bulan).

Tahap pertama sekolah pandu desa ini di ikuti 4 (empat) kecamatan yang ada di Tasikmalaya ( Cisayong, Pagerageung, Karangnunggal, Cikalong ). Semua Pesera ikut Pelajaran Mulai dari pagi hingga sore dengan waktu istirahat yang telah di tentukan oleh panitia pelaksana sekolah pandu tersebut.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan