Program PISEW 2018 Desa Mandalamekar

Program Pisew 2018
turut serta warga dalam program PISEW 2018

Mandalamekar,(20/08).Pengembangan Inprastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kabupaten Tasikmalaya Kecamatan Jatiwaras Khususnya Desa Mandalamekar sudah mulai di realisasikan. Program Pengembangan Inprastruktur ini di laksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) untuk pembangunan jalan desa. Di Kabupaten Tasikmalaya Kecamatan Jatiwaras ada 3 (tiga) desa yang mendapatkan program PISEW di antara nya Desa Kertarahayu, Desa Mandalamekar, Desa Mandalahurip.Untuk Pembangunannya di bagi dalam tiga tahapan tergantung anggaran yang di keluarkan dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembangunan ini dengan tujuan untuk membangun inprastruktur penunjang desa seperti jalan Desa dan akses lainnya yang dapat menunjang untuk kemajuan desa yang telah di usulkan oleh desa dan kecamatan.

Untuk Wilayah Desa Mandalamekar Pembangunan Inprastruktur ini berlokasi di jalan yang menuju  ke Kp.Mekarsari dengan sistem pengerjaan rabat beton jalan desa, panjang sekitar 675 m dan lebar 2,5 m serta tinggi 12 cm.Program ini di khususkan untuk jalan desa dan bukan untuk jalan kabupaten atau propinsi.

sasaran Program

Sasaran kegiatan Program PISEW meliputi Pembangunan infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan, yang dapat berupa infrastruktur perhubungan / transportasi,infrastruktur pendukung produksi pertanian, peternakan dan perikanan, industri, dan pariwisata,Peningkatan kapasitas daerah dalam pembangunan sosial dan ekonomi lokal,Tersedia fasilitator masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan,Peningkatan kemampuan dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan,Pendayagunaan tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

Dalam Pengerjaan nya di Desa Mandalamekar tidak melibatkan pihak kontraktor, dan hanya di kerjakan oleh warga atau kelompok masyarakat setempat karena menimbang dari asas manfaatnya yang lebih tinggi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan