Pedagang Pengajian Bulanan Bisa Jadi Inspirasi Pembangunan Pasar Di Mandalamekar

Para Pedagang Dipengajian Bulanan Tingkat Desa Mandalamekar
Para Pedagang Dipengajian Bulanan Tingkat Desa Mandalamekar

Setiap ada kegiatan pengajian rutin bulanan tingkat Desa Mandalamekar selalu disertai dengan adanya para pedagang yang datang dari Kota Tasikmalaya. Mereka menggelar dagangannya memenuhi pinggir jalan depan kantor Desa Mandalamekar. Para pedagang tersebut selalu berpindah-pindah dari pengajian tingkaat Desa Mandalamekar ke pengajian tingkat desa lainnya, melihat semangat mereka tersirat ada harapan mengais rejeki dalam perdagangan di momen pengajian tersebut.

Selain pedagang dari kota, ada juga warga mandalamekar yang memanfaatkan momen tersebut, umumnya mereka berjualan makanan jajanan seperti baso, mie ayam, sate, dll.

Para Pedagang Dipengajian Bulanan Tingkat Desa Mandalamekar

Melihat perkembangan perdagangan yang semakin hari semakin banyak peminat yang menjajakan dagangannya diacara pengajian tersebut, mereka menjual makanan, pakaian, peralatan dapur, dll. Sebenarnya ini bisa menjadi indikator aaatau embrio awal, bahwa di Mandalamekar bisa dibuat tempat bertemunya antara pedagang dan pembeli atau pasar. Tinggal bagaimana mengatur waktu pertemuan tersebut karena dalam pembukaan pasar awal tidak mungkin bisa dilakukan setiap hari, jadi kalaupun ada pasar di wilayah Mandalamekar itu harus dilakukan temporer, bisa pasar mingguan ata pasar bulanan seperti yang dimanfaatkan oleh para pedagang ketika pengajian bulanan.

Melihat fenomena diatas selain adanya sarana penunjang berupa bangunan yang representative juga dilakukan temporer serta harus didukung dengan kemasan acara yang disukai warga supaya mereka mau datang ke pasar tersebut.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan