Studi Banding : Kab. Sinjai Tertarik dengan Kawasan dan TI

Rombongan Dari Kab.Sinjai
Pemaparan Kepala Desa Mandalamekar Tentang kawasan dan TI

Akhirnya rombongan studi banding Pemerintah Daerah Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan, tiba di Kawasan Panca Mandala, tepatnya di Kantor Desa Papayan, Kecamatan Jatiwaras. Hanya mundur satu jam setengah dari rencana semula, rombongan yang lebih dari 20 orang itu datang ditempat pada Rabu (25/04), pukul 09.30 WIB.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Desa (Kades) Papayan, Undang, dan Kepala Desa lainnya yang tergabung dalam kawasan Pancamandala, serta para pegiat Kawasan Pancamandala lainnya. Kehadiran mereka juga tentu menjadi perhatian warga sekitar Kantor Desa Papayan.

Diskusi pun dimulai pada pukul 10.00 WIB, di aula kantor tersebut, dimana sebagai tuan rumah, Kades Papayan mengucapkan selamat datang ditempatnya, kepada semua tim rombongan dari sinjai. Selanjutnya Undang memaparkan kronologis dan pentingnya kerja sama antar desa dalam suatu kawasan.

Pemaparan Dari Pegiat Desa

Selanjutnaya Irman Meilandi, sebagai pegiat desa dan kawasan menjelaskan beberapahal mengenai apa yang telah, sedang dan akan dikerjakan bersama desa desa dalam kawasan Pancamandala, dalam materi tersebut diskusi lebih hidup dengan hadirnya beberapa pertanyaan terutama berkaitan dengan bagaimana menyatukan misi para kepala desa, serta bagaimana teknologi informasi (TI) menjadi sarana yang sangat menunjang dalam semua aktifitas dikawasan tersebut.

“ Kita jarang membahas dukungan TI, dalam menunjang setiap program, disini semakin terbuka wawasan kami,” ujar pimpinan rombongan, ketua sebuah komisi di DPRD  Sinjai.

Bertindak sebagai pemandu acara, Yana Noviadi, Kades Mandalamekar yang sekaligus menjadi nara sumber untuk Sistem Informasi Desa Dan Kawasan (Sideka) terpadu, Yana menjelaskan Sideka tersebut dengan pengalaman pemanpaatan TI di desanya dan dikawasan Pancamandala disamping progam lainnnya yang berkaitan dengan TI di Desa Mandadalamekar dan kawasan terbut.

Acara diskusi tersebut sangat hidup dan berkesan, sampai sampai rombongan dari Sinjai memohon untuk pendampingan pembuatan kawasan dan penerapan TI di wilayahnya.

Acara Studi banding berakhir pada 12.30 WIB, dan ditutup oleh Camat Jatiwaras dan ada sekitar lima peserta yang terus melanjutkan perjalanan ke Desa Mandalamekar, melihat kelompok ternak Kambing Etawa serta menyambangi kantor PT. Bumades Pancamandala.

Facebook Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan