Haruskah Musrenbang Dilakukan Pada Setiap Tahun?

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) tingkat Kecamatan Jatiwaras telah dilaksanakan pada selasa (06/02) digedung dawah Kec Jatiwaras.Musrenbang ini dilakukan untuk mengusulkan  pembangunan tahun anggaran 2019.

Musrenbang tersebut di ikuti oleh sebelas desa  yang berada diwilayah Kec Jatiwaras dan masing-masing desa mengusulkan pembangunan yang tidak bisa di danai dengan dana desa yang ada seperti jalan kelas kabupaten,pembangunan ruang kelas baru,embung dan lain-lain.

Mandalamekar  sendiri diwakili empat peserta musrenbang  dan bertugas mengusulkan pembangunan yang dibutuhkan warga Mandalamekar, hasil dari musrenbang tingkat Desa Mandalamekar pada juli 2017.

Sebenarnya musrenbang itu sendiri tidak begitu penting untuk dilakukan, sampai saat ini musrenbang hanya sebagai kegiatan seremonial tahunan tingkat desa atau supra desa.

“iya sering diusulkan dan menjadi skala prioritas di tingkat Kecamatan seperti Jalan Kabupaten Gintung Lengkong Barang, hampir setiap tahun menjadi skala prioritas pembangunan tingkat Kecamatan jatiwaras tapi hingga saat ini masih belum terealisasi,” ujar salah seorang peserta musrenbang dari Mandalamekar.

Banyak contoh lainnya tentang usulan pembangunan tidak terealisasikan di Kec. Jatiwaras ini sebagai tanda bahwa Musrenbang tidak harus dilakukan pada setiap tahunnya.

Silahkan Komentar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan