Pemdes Mandalamekar Tingkatkan Kesadaran Berzakat Bagi Perangkat Desanya

Perangkat dan Kepala Desa Mandalamekar
Perangkat dan Kepala Desa Mandalamekar

Pemerintah Desa (Pemdes) Mandalamekar sejak tahun 2017 telah menerapkan pembelajaran untuk berbagi dengan yang lainnya melalui zakat profesi. Mulai dari Kepala Wilayah sampai Kepala Desa dipotong penghasilan pada setiap bulannya sebesar 2,5%.

Dari penghasilan yang tidak seberapa,  masih dibawah Upah Minimum Regional Kab. Tasikmalaya atau masih jauh dari kebutuhan standar, para perangkat desa tersebut melakukan pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran bahwa sebenarnya dari harta yang kita miliki ada hak milik orang lain.

“ Ada beberapa pendapat tentang nisab dari zakat profesi tersebut, dan sebenarnya kalau melihat penghasilan, masih jauh dari sekedar menutupi kebutuhan pokok, akan tetapi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran berbagi,” Ucap Kades Mandalamekar.

Rata rata penghasilan perangkat Desa Mandalamekar sekitar Rp. 1.150.000 perbulannya, dengan penghasilan tersebut dari dua belas perangkat desa yang ada selama satu tahun telah terkumpul zakat profesi sebesar Rp.4.890.000.

Uang tersebut telah dipergunakan untuk membantu pembangunan gedung dakwah Kec. Jatiwaras, membantu warga yang terkena musibah dan lain lain.

Ambilah olehmu zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka (QS. At-Taubah 9:103)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.