Pendataan Pembagian Kartu Tani Di Desa Mandalamekar

Pendataan Kartu Tani
Pendataan Kartu Tani

Mandalamekar,(7/1).Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di sekitar kita,untuk menghasilkan bahan baku pangan,industry serta sumber energy dan kebutuhan lainnya. Sebagian besar penduduk di dunian bermatapencaharian sebagai petani,begitu juga di Desa Mandalamekar yang sebagian penduduknya hampir mata pencaharian nya sebagai petani.

Baru-baru ini di Desa Mandalamekar di adakan pendataan untuk pembagian Kartu Tani yang bekerja sama denga Bank BRI.Di Desa Mandalamekar terdapat 4 kepunduhan, (Cinunjang,Mekarjaya,Cinangsi,Mekarsari) ,Kepunduhan Mekarsari sebanyak 167 KK yang terdaftar, Kepunduhan Mekarjaya 177 KK yang terdaftar,Kepunduhan Cinangsi 80 KK Yang sudah terdaftar,di Kepunduhan Cinunjang 260 KK yang sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Tani.

Antrian Pendataan Karti Tani

Tujun di berikannya Kartu Tani Kepada masyarakat adalah untuk penyaluaran Subsidi Pupuk agar tepat kepada petani dan melalui agen yang telah di tunjuk di kecamatan tersebut.selain itu juga agar tidak terjadi penyelewengan subsidi dari pemerintah kepada masyarakat.Kartu Tani tesebut dapat di gunakan apabila kita akan membeli pupuk dan dengan menggunakan kartu tersebut kita bisa menggunakan  dana 80% dari subsidi pemerintah dan 20% di bayar oleh pemegang kartu tesebut.

Dengan adanya Kartu Tani tersebut diharapkan penyaluran subsidi pupuk lebih epektif dan tepat sasaran kepada petani yang membutuhkan.

“Harapannya saya tidak akan terjadi kelangkaan pupuk yang bersubsidi sehingga tidak menyulitkan para petani dalam mencari pupuk tersebut”. terang Nana Martadinata

Informasi yang di dapat dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Jatiwaras, Feri Mahdan, Kartu Tani ini serupa dengan ATM BRI dan Multi fungsi selain untuk pembelian pupuk tersebut bisa juga untuk menabung dan mengambil uang oleh petani yang mendapat Kartu tersebut seperti halnya kita membuat Rekening beserta Kartu ATM nya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.