Jaringan Internet Desa Mandalamekar Diresmikan

Mandalamekar: Perjalanan Desa Mandalamekar dalam dunia media sosial dimulai pada tahun 2009 silam. Dimana pada saat itu, media sosial digunakan untuk perkembangan desa. Khususnya dalam bidang lingkungan hidup yaitu konservasi alam/hutan konservasi. Saat itu media yang digunakan berupa website desa, facebook dan radio komunitas yang diberi nama radio komunitas Ruyuk fm.

 


Seiring berjalannya waktu, perkembangan media sosial di desa Mandalamekar semakin berkembang, yang ditambah dengan masuknya di akun twitter, serta bekerjasama dengan berbagai pihak yang mengerti mengenai jejaring sosial sehingga semakin leluasa mengenalkan dan menginformasikan berbagai hal mengenai desa.

 

 

 


Pada tahun 2015, Desa Mandalamekar membentuk satu lembaga untuk bekerjasama dengan empat desa lainnya yang di beri nama BKAD Panca Mandala yang merupakan satu kawasan di wilayah kecamatan Jatiwaras kabupaten Tasikmalaya. Dalam BKAD Panca Mandala  terdapat sebuah wadah yang merupakan bagian tak terpisahkan dari BKAD tersebut yakni BUMADES Panca Mandala ( badan usaha milik antar desa). Adapun salah satu yang dikerjasamakan dan sedang dijalankan saat ini  adalah dbidang infrastruktur ( akses informasi)  sesuai yang tertuang dalam UU no 6 tahun 2014 tentang desa.

 


Pada tahun 2016, kelima desa yang tergabung dalam BKAD Panca Mandala bersepakat menyertakan modal ( penyertaan modal) dari APBDesa yang bersumber dari Dana Desa ( DD ) ke BUMADES untuk membangun akses internet diseluruh desa  yang tergabung dalam BKAD Panca Mandala.

 

 

 


Pada minggu, 10/12/2017 yang bertempat di Desa Mandalamekar, Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum sekaligus dua menteri, yakni Menteri Kemendes Eko Putro Sanjoyo dan Menteri Kominfo Rudiantara beserta staf kepresidenan RI datang dalam rangka peresmian Desa Boardband Terpadu ( DBT ). ” Masyarakat harus mengawal dan mengawasi penggunaan Dana Desa sehingga tidak ada penyalahgunaan dan penyelewengan oleh kepala desanya. Tapi masyarakat pula harus melindungi kepala desanya apabila ada kesalahan di dalam administrasi.” ungkap kemendes dalam sambutannya.

 


Sementara Rudiantara, menteri Kominfo menyatakan dalam sambutannya bahwa “jaringan akses internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin ke hal yang positif. Dan pengguna internet pun harus bisa memilah dan memilih berita sungguhan atau berita hoaks. Maka dari itu, pemerintah mengharuskan setiap warganya yang menggunakan handphone untuk meregistrasi ulang nomornya. Ini dimaksudkan untuk melindungi warganya dari kejahatan di media sosial.”

Facebook Comments
About Raga Sukma 32 Articles
Sekretaris Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan