Potensi Kelompok Ternak Kambing Mitra Manggala

salasatu peternak kambing "Mitra Manggala"
jenis kambing senduro dan kali gesing
jenis kambing senduro dan kaligesing

Sudah menjadi kewajiban pemerintah berperan aktif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warganya, dalam hal ini pemerintah Desa Mandalamekar bekerja sama dengan kelompok ternak kambing  MITRA MANGGALA mencoba membidik potensi ternak untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut .

Kelompok Ternak Kambing MITRA MANGGALA dibentuk pada 18/01/16, beanggotakan 5 orang, dengan modal awal 33 ekor kambing jenis  etawa ( senduro dan Kali) gesing dan saat ini kambing tersebut sudah berjumlah 42 ekor. Pengadaan kambing itu terjadi atas kerjasama kelompok dan pihak yang peduli terhadap kesejahteraan warga. Dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. Jelasnya pengadaan kambing beserta sarana prasarananya bukan dari  bantuan pemerintah,

Menurut Ketua Kelompok Ternak Kambing Mitra Manggala (Ridha maulana),bahwa kelompok ini dibentuk selain untuk kesejahteraan masyarakat juga sebagai sarana pendidikan berkelompok dan beternak kambing bagaimana mestinya

“memang hingga saat ini di mandalamekar belum ada orang yang memilih peternakan menjadi bagian pekerjaan baik pribadi ataupun kelampok,Ternak masih menjadi pekerjaan sampingan’,ujar Ridha.

Sebenarnya kalau dikelola secara sungguh sungguh, peternakan bisa menjadi pekerjaan  yang cukup menjanjikan, apalagi di Desa Mandalamekar kondisi alam yang hijau,beternak kambing bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kondisi alam yang hijau ini berkaitan erat dengan ketersediaan pakan kambing.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan