Kelompok Ternak Kambing Mitra Manggala Desa Mandalamekar

Kelompok Ternak kambing "Mitra Manggala"
kambing etawa "Cenduro"
kambing etawa “Cenduro”

Mandalamekar,- sekarang ini beternak kambing sudah mulai di tinggalkan oleh generasi muda dengan berbagai alasan,padahal sesepuh / orang tua mereka dulu banyak yang beternak mulai dari kambing,domba,sapi dan masih banyak lagi.
Di Awali dengan rencana dan niat untuk memajukan ekonomi keluarga Khususnya dan mencari donatur yang bersedia untuk mengadakan pembibitan / indukan kambing
maka terbentuklah Kelompok ternak Mitra Munggaran di bentuk sejak tanggal 18 Januari 2016,bergerak dibidang ternak kambing PE (Etawa )  berada di Desa Mandalamekar Kec.Jatiwaras Kab.Tasikmalaya.
Kelompok ini di kelola oleh 6 orang diantaranya Ridha (ketua) , Udas , Jani , Sukir , Makmur , lukman. Mereka dengan serius mengelola peternakan tersebut dan saling membantu dalam hal pengelolaan nya
Lokasi ternak kambing Mitra Manggala Berdiri di lahan milik Budi Setiadi salahsatu warga dusun tersebut.

Memang tidak bisi di pungkiri kalau beternak kambing itu cape dan perlu tenaga yang ektra terutama dalam mencari pakan ternak tersebut,
berbagai halangan pun mulai berdatangan dari segi  cuaca ,sulitnya mencari pakan dan ironis nya lagi mungkin ada orang yang mencemooh,
ini tidak menutup kemungkinan  dari pemikiran yang sempit dan kurangnya melihat dunia luar.Akan Lain halnya kalo kita memandang dari segi positif nya ternyata banyak sekali ke untungannya mulai dari pupuk (kotoran kambing),daging ,dan masih banyak lagi ke untungan yang bisa di dapat dari peternakan / kelompok Ternak tersebut.

Kelompok Ternak Kambing Mitra Manggala bekerja dengan penuh kekompakan/bergotong royang dari segi pemberian makan dan sanitasi kandang tersebut,bahkan di kelompok tersebut di susun jadwal piket untuk kegiatan tersebut.
Untuk jumlah kambing pertenakan tersebut  terdiri dari kambing betina 29 ekor, jantan 2 ekor dan anak 12 ekor.
Di jumpai di sekitar kandang waktu pemberian pakan salah satu anggota ternak tersebut sempat mengeluh karna susahnya air susu kambing buat anak kambingnya.
” hanjakal ieu teh embe ne hese cai susu na kanggo anak,padahal tos seueur cara anu di lakukeun kanggo ngelobaan cai susu na tapi angger wae,tungtung na loba anak anu paraeh,ti mimiti ternak nepi ka ayeuna aya sekitar 10 mah anu paeh”.
( Disayangkan kambing/indukannya susah air susu buat anaknya,padahal sudah banyak cara dilakukan untuk memperbanyak air susunya tapi tetep saja,ahirnya banyak anakan yang mati,dari pertama beternak mungkin ada 10 ekor yang mati) terang Jani.

kambing-3
Rutinitias Pagi “Pemberian Pakan Kambing”

Usaha pun sudah banyak dilakukan mulai dari ikut study banding bahkan sampai ikut binaan tentang ternak yang baik dari pemerintah atau inisiatif dari kelompok Mitra Manggala  tersebut
dengan mandatangi kelompok ternak yang sudah berhasil.

Mungkin bagi yang belum mengetahui akan manfaat dari beternak kambing orang bisa memandang tentang beternak kambing,tapi di balik semua kegiatan kelompok Ternak Kambing Mitra Manggala tersebut banyak manfaatnya terutama
dari segi pupuk (kotoran kandang ) bisa di manfaat kan untuk pemupukan pertanian seperti cabe,pisang,bawang dan masih banyak lagi manfaat yang bisa di ambil dari kotoran ternak tersebut.
Dalam hal ini ternyata peternakan berkaitan erat dengan bidang pertanian,terutama buat pertanian yang ada di lingkungan ternak bahkan bisa sampai keluar wilayah dalam pemanfaatan kotoran kambing tersebut.

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Desa Mandalamekar |

Tinggalkan Balasan