Pelestariaan Alam Untuk Kemanfaatan Lingkungan

Mandalamekar-Salah satu potensi Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten  Tasikmalaya  adalah Hutan Konservasi Karang Soak     yang terdapat ditanah kas desa dengan luas sekitar   40 Ha.

Hutan Karang Soak sebelum PenghijuanPenghijuan hutan di Karang Soak  yang dimulai    penanamannya  sejak tahun 2008 yang lalu oleh warga masyarakat desa dan   dijadikan  sebagai cagar budaya karena didalamnya terdapat nilai sejarah yang harus tetap dijaga. Dan sampai sekarang , upaya penghijuanpun terus  menerus dilakukan pada setiap musim penghujan tiba dan sudah mulai nampak keberhasilannya, baik flora maupun  fauna sudah tumbuh berkembang biak disini.

 

Goa PanyumputanHewan-hewan yang dulu sudah mulai punah, kini terlihat  bermunculan kembali. Kera misalnya, dan tidak hanya kera  burung Caladi, betet, tekukur, elang jawa, cacing dan satwa lutung   sudah mulai nampak kembali keberadaannya di hutan  Karang Soak. Meski kera banyak muncul mengganggu dikebun dan  ladang masyarakat, namun hewan yang mulai langka ini dilarang untuk diburu dan dibunuh, tidak terkecuali untuk hewan lainnya juga dilarang oleh pihak pemerintah Desa Mandalamekar.  Ini demi keseimbangan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri. Selain itu juga di hutan Karang Soak terdapat banyak goa-goa yang unik dan menyimpan sejarah satu diantaranya adalah Goa Panyumputan.

 

Karang Soak sekarang (setelah Penanaman)Disisi lain  ada banyak manfaat dari hutan konservasi Karang Soak  ini, salah satunya adalah menjadi  sistem penyangga kehidupan, karena  hutan  merupakan salah satu sumber kehidupan yang dapat memenuhi kebutuhan lingkungan, seperti kebutuhan akan oksigen dan air. Dimana oksigen sangat dibutuhkan untuk menciptakan udara yang segar yang sangat penting sekali untuk kesehatan. Dan airpun tidak kalah pentingnya, karena air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Maka, dengan adanya hutan ini, air akan tetap terjaga baik jumlah maupun kualitasnya.

Facebook Comments
About Raga Sukma 29 Articles

Sekretaris Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan