Desa Mandalamekar Realisasikan Dana Desa 2016

Mandalamekar-Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  21 Tahun 2015 Tentang Penetapan Prioritas  Penggunaan Dana Desa Tahun 2016  (Permendes PDTT)  bahwa, Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai Pelaksanaan Program dan Kegiatan Bersekala Lokal Desa yaitu bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Gotong royong warga
Gotong royong warga

Dalam penyaluran dana tersebut di tahun 2016 pemerintah menetapkan pola baru menjadi 2 (dua) tahapan saja yakni, 60% dan 40%. Untuk Desa Mandalamekar kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya pengggunaan dan penyaluran dana desa digunakan kedalam 2 (dua) bidang mengacu pada Permendes diatas Yakni, Bidang Pembangunan dan Bidang Pemberdayaan. Untuk bidang Pembangunan  di prioritaskan ke pembangunan jalan Desa dan jalan setapak  dengan jenis kegiatan Rabat beton di delapan titik (lokasi) yang terdapat di empat  kedusunan Cinunjang,Mekarjaya,cinangsi dan Mekarsari.

Sementara Bidang Pemberdayaan di fokuskan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan penyertaan  modal ke Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADes) Panca Mandala  yang merupakan sebuah  lembaga kerjasama antar 5 (lima)  desa  yang ada di Kecamatan Jatiwaras. Kedua bidang  tersebut sampai dengan bulan ini November 2016 telah mencapai 100% terlealisasi.

 

Jalan Setapak

    Jl  Rabat Beton

Pelaksanaan perealisasian dana desa ini disambut baik oleh masyarakat. Ini dibuktikan dengan tingginya swadaya  gotong royong pada kegiatan pembangunan desanya. Dengan adanya pembangunan ini, sangat besar manfaatnya yang dirasakan masyarakat diantaranya adalah memperlancar  masyarakat dalam malakukan aktivitas sehari-hari, mempermudah akses transportasi dari satu tempat ketempat lainnya,  dan masih banyak lagi manfaat yang sangat menopang kehidupan masyarakat desa.

Silahkan Komentar
About Raga Sukma 33 Articles
Sekretaris Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan