Desa Mandalamekar Mendapat Penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Keduataan Norwegia

Mandalamekar,senin (1/2) Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya,Yana Noviadi (48), Kepala Desa Mandalamekar, menerima penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kedutaan Norwegia
karena Ia dinilai telah berhasil menciptakan hutan lindung baru di wilayahnya dengan luas lahan sekitar 240 hektar di wilayah Desa Mandalamekar.
Yana pun diundang menjadi narasumber dalam sebuah acara talk show yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup RI  di JCC Jakarta.

Hutan lindung buatannya itu dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai sumber mata air bagi warga desa mandalamekar. Adapun kepemilikan tanah ratusan hektar itu merupakan tanah desa dan Harim (Hak Rimba).
dalam melakukan penghijaun tersebut Kepala Desa Mandalamekar di bantu oleh warga desa dengan swadaya. Adapun lahan yang di yang di hijaukan  kembali seperti hutan karang soak dan Cigandasoli
Awalnya, lahan kondisinya gersang dan bebatuan ditinggalkan para penggarapnya,namun karena berbagai hal dan kebutuhan akan sumber air bagi warga akhirnya dilakukan reboisasi (penghijauan) dan menjadikan  hutan  lindung.

Saya tidak nyangka akan mendapat penghargaan dan di undang oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Keduataan Norwegia,karena yang saya lakukan bukan semata untuk medapatkan penghargaan tapi saya prihatiin dengan warga yang sering kekurangan air kalau musim kemarau,Awalnya tanah yang di garap warga dan ditinggalkan begitu saja sekarang
di kembalikan fungsinya sebagai hutan lindung,  terang Yana.
Sejak tahun 2002 kami membentuk kelompok dengan nama Mitra Alam Munggaran dengan anggota semua warga Desa Mandalamekar dan pada tahun 2008 saya lakukan penanaman bersama PC 10.12 GM FKPPI Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah Gamelina,Picung,Caringin atau jenis pohon yang berdaun lebar,dan pohon aren yang dinilai dapat menyimpan sumber cadangan mata air untuk kehidupan masyarakat.

Mari kita selamatkan bumi ini dari kekeringan dan Kekurangan oksigen dengan memanam pohon kembali sebagai wujud peduli lingkungan hidup tempat kita tinggal.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.